Saturday, October 4, 2008

What do we Sacrifice?

Bloggers!!! Saya menghabiskan 3 hari dari liburan saya dengan retreat bersama gereja saya.. Saya mendapat banyak kesenangan yang memang tujuan utama saya karena retreat ini seperti project getaway saya dari kehidupan kuliah yang sangat menjenuhkan dan itu berhasil.

anyway, berkat yang saya dapatkan pun ga sedikit dan sekarang saya ingin membagikannya..

Berkorban? sering banget ya kita denger kata itu.. entah dari berkorban demi cinta, berkorban demi teman, berkorban untuk selamatin diri sendiri and so on.. Emang bener ya kita berkorban? berkorban apa sih? Kita ga punya apa-apa kok di dunia, semua cuma titipan, semua punya Tuhan.. bahkan badan yang kita pakai sekarang ini juga bakal mengkerut dan kadaluarsa, masuk lagi ke tanah & dimakan cacing dan habis.

Pernah ga berpikir tentang ini? jujur saya ga pernah kepikiran sampai salah satu pengkhotbah di retreat gereja saya menyinggung hal ini. Kita berpikir kalau kita mengorbankan atau mempersembahkan waktu atau materi kita buat gereja dan itu berarti kita telah MEMBERI apa yang kita punya (?) buat pekerjaan Tuhan.. gitu?

Think again my friend, kita ga punya apa-apa.. waktu? dikasih Tuhan kok, ntar juga abis. Tenaga? Nga, itu juga bukan punya kita tuh. harusnya yang bener kita bukan memberi waktu kita kalau kita mau, tapi memang itu kewajiban kita buat melakukan apapun buat Tuhan. Waktu dan tenaga kita memang buat pelayanan. Kalaupun nanti kita meninggal dan kita uda melakukan semua tugas yang diberikan kepada kita berarti kita impas dengan apa yang diberikan Tuhan. Tidak lebih dan tidak kurang, memangnya Tuhan berhutang sama kita?

Kadang kita kehilangan sesuatu, misalnya handphone atau uang. Kenapa kita menyesal sampai sebegitunya? kenapa kita ga mikir, 'mungkin benda itu ga bisa kita pakai dengan maksimal dan akhirnya diberikan oleh Tuhan kepada orang yang lebih membutuhkan dan bisa memaksimalkan potensi benda itu'? Jauh lebih positif kan? semua tergantung dari mindset kita, apakah kita berorientasi kepada benda itu atau kita berorientasi kepada Tuhan? kalo kita berorientasi kepada Tuhan, seharusnya kita kehilangan apapun, sekalipun itu orang yang kita sayang, misalnya ditinggal pacar.. Ya kita bisa berpikir ini bukan jalan Tuhan buat kita, berarti saya harus terus maju. Untuk non-kristiani, ini pasti terdengar klise, tapi buat kita yang percaya ini terdengar nyata.. kalo memang bukan jalan Tuhan, kita harus terus maju untuk cari tahu apa kehendak Tuhan untuk kita..

Kembali lagi kita renungkan.. Bukan sudahkah kita berkorban bagi Tuhan tapi pelayanan apa yang sudah saya lakukan untuk menunjukkan rasa syukur saya terhadap Tuhan dari hari ke hari..

Karena sesungguhnya kita tidak bisa memberi apapun pada Tuhan kita yang Sempurna.. Hidup kita adalah anugrah yang artinya tidak bisa kita dapatkan bagaimanapun kerasnya usaha kita karena itu gunakanlah sebaik-baiknya..

Jesus Bless always..

2 comments:

ladyofsuwana said...

Nice writing..
btw kehilangan itu benar2 mesti buat kita berpikir ulang tentang apa kehendak Tuhan buat kita..bukan hanya termenung dengan kesedihan kita akan kehilangan tersebut..

really inspiring bro,keep it on ^_^

acendut said...

thx fi.. gw baru baca commentnya.. hehehe..