Tuesday, January 13, 2009

Kasih















Saya pernah ngobrol dengan saudara sepupu saya, Philip. Kami sedang membicarakan tentang gereja kita, tentang kelemahannya which is semua gereja punya kelemahan. Masalah di gereja saya cukup kompleks tapi sebenarnya mudah, tapi bukan ini yang mau saya bahas sekarang.

Kami ngobrol-ngobrol sampai kemudian Philip tiba-tiba mengatakan kalau Dicky berbicara seperti ini, 'Gereja kita dulu mungkin pengetahuannya ga sepinter sekarang, tapi kita memiliki KASIH. Sekarang, waktu pengetahuan kita tentang alkitab makin bertambah, kita malah kehilangan hal yang paling penting yaitu KASIH'.

Wow!!! Saya belum bergereja disana pada saat kasih itu masih ada dalam gereja saya dan saya mengakui bahwa saya pun termasuk orang yang memiliki rasa tidak suka (bukan benci) terhadap beberapa orang di gereja saya.

Terlalu banyak masalah di gereja sehingga, orang-orang tidak lagi melihat Kasih, kita berfokus untuk menyelesaikan masalah dimana karena perselisihan pendapat menimbulkan rasa tidak suka pada sesama kita. Kita secara tidak sadar membuat kelompok-kelompok dalam gereja, kita mencari orang-orang yang memiliki pendapat yang sama dengan kita. Semua orang mempertahankan pendapatnya masing-masing termasuk saya. Semua ingin menang! Dan disitulah kasih hilang.

Saya berusaha untuk netral saat ini dan melihat apa yang bisa saya lakukan. Saya punya kecenderungan untuk tidak berkomunikasi dengan orang yang saya tidak suka dan itulah yang harus saya buang dari diri saya, saya tidak tahu ini akan membantu atau tidak tapi saya akan mencoba untuk tidak memusingkan masalah-masalah di gereja lagi. Buat apa saya menang tapi gereja hancur dari dalam? Setidaknya dengan saya berpikir seperti ini, telah kurang satu orang yang selalu berpikir untuk memaksakan pendapatnya dan saya tahu iblis kesal saat saya menuliskan ini, akan ada waktunya saya harus berdiri dan berbicara tapi bukan sekarang.

Saya hanya harus berdoa agar Tuhan menyelesaikan semuanya pada waktunya. Bloggers dan teman-teman satu gereja saya yang membaca ini, saya mohon bantuan doanya.

Saya menunggu saat dimana Gereja Kristus Taman Kota menjadi SATU kembali.

Tuhan berkati..

No comments: